AKTIVASI KARTU ANGGOTA PERPUSTAKAAN SETIAP TAHUN AWAL SEMESTER GANJIL

By Hilis 30 Okt 2018, 14:12:21 WIB Berita





AKTIVASI KARTU ANGGOTA PERPUSTAKAAN SETIAP TAHUN AWAL SEMESTER GANJIL

Masih dalam suasana semangat Sumpah Pemuda 28 Oktober, selepas upacara Sumpah Pemuda 29 Oktober 2018 di Lapangan Theater Terbuka Untirta, kemudian dilanjutkan dengan rapat koordinasi internal perpustakaan, yang dipimpin langsung oleh Kepala UPT perpustakaan. Ada sekitar 12 Agenda yang menjadi bahan rakor, diantaranya membahas penyerapan anggaran perpustakaan yang sudah 80%, evaluasi hasil stock opname, masa berlaku kartu anggota perpustakaan, denda keterlambatan, kegiatan sosialisasi ejournal yang akan dilaksanakan tanggal 30 November 2018 di Ruang Auditorium Untirta, laporan tri wulan perpustakaan, data papan statistik, kebersihan dan kerapian ruang baca luar (gazebo), pengelolaan koleksi referensi, pendistribusian buku hibah UPT Perpustakaan untuk segera dilaksanakan, fasilitas toilet luar untuk pemustaka diperbaiki, dan persiapan akhir tahun. Rakor berlangsung sekitar 3 jam, mulai dari jam 09 WIB hingaa 12.00 WIB, diikuti seluruh pegawai perpustakaan.

Masa berlaku dan aktivasi anggota perpustakaan menjadi agenda pembahasan yang sangat memakan waktu, perdebatan dan masukan silih berganti. Kebijakan masa berlaku muncul sebagai salah satu masukan dari pemustaka yang tidak menginginkan aktivasi setiap tahun, cukup satu kali saja pada saat mereka menjadi mahasiswa baru Untirta. Berbagai masukan muncul mulai dari masa berlaku 5 tahun, 4 tahun, bahkan selama masa tenggang waktu atau maksimal masa kuliah yaitu 7 tahun. Namun kebijakan ini diperdebatkan kembali, karena tidak akan ada kontrol yang ketat terhadap keaktifan mereka menjadi mahasiswa, kartu akan banyak disalahgunakan oleh pemustaka lain, dan sebagainya, serta perlu kerja keras bagian keanggotan dan sirkulasi untuk mengontrol masa aktif mahasiswa. 

Sejak diberlakukannya multifungsi Kartu Mahasiswa (KTM), kartu anggota perpustakaan cukup dengan menggunakan KTM. Bulan September 2018 masa awal semester ganjil, pemberlakuan KTM sekaligus Kartu Anggota Perpustakaan mulai diberlakukan. Sehingga selama mereka aktif menjadi mahasiswa Untirta, maka KTM berlaku sebagai Kartu Anggota Perpustakaan. Namun demikian, masa aktif keanggotaan perlu diaktivasi. Hal ini diberlakukan untuk mengontrol aktivasi mahasiswa dalam bertransaksi meminjam atau mengembalikan buku yang dipinjam. Sehingga akan meminimalisir kehilangan buku, status buku yang masih dipinjam, pemakaian KTM oleh pemustaka lain yang bukan hak nya, serta kroscek atau verifikasi peminjaman buku yang dilakukan mahasiswa. Atas dasar ini lah, maka kebijakan kembali ke semula yaitu KTM akan berlaku menjadi kartu anggota perpustakaan selama pemustaka menjadi mahasiswa Untirta dan harus diaktivasi setiap tahun tanpa biaya.

LINK AKADEMIK

Sistem Informasi Tugas Akhir dan Akademik (SISTA) Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) wisuda Online web Mail Tirta Repository Tirta Administrasi Tirta Jurnal Pengumuman PMB pengumuman UMM

Statistic Kunjungan

013114


Pengunjung Hari ini : 89
Total pengunjung : 13114
Hits hari ini : 426
Total Hits : 50292
Pengunjung Online : 3