Sosialisasi Ejournal Ebook

By Hilis 04 Des 2018, 11:33:22 WIB Berita





Sosialisasi Ejournal Ebook

Tahun 2018, UPT perpustakaan melanggan ejournal Clinical key dan Emerald, disamping ejournal Cambridge yang telah lama dilanggan, serta ebook dari oxford. Sejumlah anggaran telah digelontorkan untuk langganan ejournal dan pembelian ebook sekalipun ada beberapa ejournal yang tidak dapat dilanggan kembali atau menambah konten baru karena keterbatasan anggaran. Ejournal dan ebook merupakan sumber informasi elektronik yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran sivitas akademika untirta serta menunjang penelitian.

Ejournal dan ebook yang disediakan ini akan sangat disayangkan apabila tidak banyak dimanfaatkan oleh sivitas akademika Untirta. Untuk itu, UPT Perpustakaan mengadakan sosialisasi ejournal ebook kepada seluruh sivitas akademika Untirta pada hari Jumat, 30 November 2018. Sosialisasi merupakan kegiatan pengenalan dan pembekalan pengetahuan serta keterampilan mengakses jurnal dan buku elektronik yang dilanggan kepada sivitas akademika Untirta. Target peserta adalah seluruh program studi baik Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana yang ada di lingkungan Untirta, Dosen, Mahasiswa, Tenaga Kependidikan, Dokter, BEM/Presma, Pengelola Perpustakaan Fakultas dan Pusat sebanyak 150 orang. Dengan bertempat di Ruang Auditorium Gedung B Lantai 3, pelaksanaan berlangsung lancar dan baik mulai dari jam 09.00 WIB hingga 11.30 WIB. Penyampaian materi disampaikan langsung oleh perwakilan masing-masing penyedia ejournal/ebook. Clinical Key disampaiakn oleh Drs. Siyam, Emerald disampaikan oleh Irwan Sukardi, dan Oxford disampaikan oleh Ririana. Pada kesempatan tersebut pun, Ririana memperkenalkan Turnitin, yaitu tool atau alat yang dapat membantu mendeteksi plagiasi suatu karya tulis. Turnitin bukan database, tapi turnitin berbasis web yang dapat membantu dosen dan mahasiwa yang sedang membuat tugas akhir sehingga karya tulis yang dibuatnya dapat meminimalisir plagiasi.

Dengan sosialisasi ejournal dan ebook ini, diharapkan seluruh sivitas akademika Untirta dapat dengan mudah, cepat, dan tepat mengakses serta menelusur informasi yang tersedia di ejournal clinical key, emerald, dan ebook oxford. Dimanapun, kapanpun, sivitas akademika Untirta dapat mengakses ejournal ebook ini sehingga pemanfaatannya akan maksimal.

Acara sosialisasi dibuka secara resmi oleh Bapak Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. H. Fatah Sulaiman, MT. beliau mengapresiasi apa yang sudah dilakukan UPT Perpustakaan dalam mensosialisasikan ejournal dan ebook kepada sivitas akademika Untirta. Konten jurnal dan buku elektronik merupakan bagian yang sangat menunjang borang akreditasi, begitu pula dengan software plagiarism seperti Turnitin yang akan dilanggan Untirta. Karena hal ini merupakan salah satu pertanyaan borang dalam akreditasi institusi. Untuk itu, nanti diharapkan perpustakaan pusat dan fakultas menjadi bagian atau salah satu user turnitin Untirta. Akreditasi institusi akan dilaksanakan mulai Senin 3 Desember 2018 hingga tanggal 4 Desember 2018. Bapak Fatah Sulaiman mengharapkan pada saat visitasi akreditasi institusi ini, semua pihak termasuk perpustakaan siap berpartisipasi dalam mendukung keberhasilan akreditasi ini. Pemanfaatan ejournal dan ebook harap dipersiapkan dokumen online dan konvensionalnya. Dan diakhir sambutannya, Bapak Wakil Rektor berpesan agar seluruh sivitas akademika Untirta dapat memaksimalkan pemanfaatan ejournal dan ebook yang telah dilanggan tersebut.

 

 

Serang, 30 November 2018

LINK AKADEMIK

Sistem Informasi Tugas Akhir dan Akademik (SISTA) Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) wisuda Online web Mail Tirta Repository Tirta Administrasi Tirta Jurnal Pengumuman PMB pengumuman UMM

Statistic Kunjungan

008509


Pengunjung Hari ini : 28
Total pengunjung : 8509
Hits hari ini : 111
Total Hits : 35498
Pengunjung Online : 1